BerandaHostingCara mengamankan situs WordPress bagi pemula

Cara mengamankan situs WordPress bagi pemula

Bagaimana cara mengamankan situs WordPress kamu?

  1. Selalu update versi WorPress ke versi terbaru
  2. Selalu update plugin dan theme ke versi terbaru
  3. Selalu menggunakan plugin dan theme dari sumber yang tepercaya
  4. Jangan menggunakan username standar “admin”
  5. Pastikan kamu menggunakan hosting yang tepercaya
  6. Selalu backup website/situs kamu

Baiklah, disini kita akan mencoba membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan situs kamu. Seperti yang kita ketahui, security/keamanan adalah hal yang perlu diutamakan jika situs kamu menggunakan WordPress sebagai CMS nya. Oleh karena itu, mari kita jelaskan hal-hal diatas agar kita dapat mengamankan situs WordPress kita.

Berikut adalah penjelasan tentang cara mengamankan situs WordPress kamu:

Cara mengamankan situs WordPress

1. Selalu update versi WordPress kamu ke versi terbaru.

Jangan sekali-kali kamu mencoba untuk tidak mengupdate WordPress kamu. Kamu mungkin kadang malas untuk mengupdate WordPress core kamu, tapi hal ini sebaiknya kamu hindari. Karena rata-rata update yang di berikan oleh WordPress ini sangat berguna bahkan dibutuhkan untuk situs kamu. Salah satu fator utama adalah security/keamanan yang sangat di butuhkan untuk situs kamu.

Nah, untuk mengupdatenya cukuplah mudah. Kamu hanya cukup login saja dan perhatikan di dashboard kamu. Apabila ada tulisan “update avaible” atau “pembaruan tersedia”, klik saja tombol itu untuk otomatis mengupdate WordPress kamu.

plugin-update

2. Selalu update Plugin dan Theme kamu ke versi terbaru.

Selain update di WordPress core,  kamu perlu juga mengupdate plugin-plugin yang kamu gunakan dan juga theme/tema yang kamu gunakan secara berkala.

Hal ini juga berguna untuk menghindari kebocora-kebocoran security/keamanan yang tadinya ada di dalam plugin/theme ini. Selain untuk kemanan, kadang plugin/theme update pun memberikan fitur-fitur tambahan baru. Jadi tidak ada salahnya juga kamu selalu mengupdate plugin/theme kamu.

WordPress theme terbaik untuk kamu!

theme-update

3. Selalu menggunakan plugin dan theme dari sumber yang terpercaya.

Seperti yang sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya, sebaiknya kita harus berhati-hati dalam memilih dan menggunakan plugin dan theme. Gunakan selalu plugin dan theme yang berasal dari sumber terpercaya dan juga legal tentunya. Karena ini juga adalah salah satu cara mengamankan situs WordPress kita yang terbaik.

Hindari menggunakan Theme yang ilegal…!!!

Karena kadang kita tidak tahu, apabila menggunakan plugin/theme tertentu, apakah kode didalamnya benar-benar aman atau tidak. Bahkan mungkin saja terdapat kode-kode yang dapat merusak ataupun menghack situs kita.

Karena itu, jika ingin menggunakan plugin/theme, carilah tempat yang resmi ataupun terpercaya.

Untuk yang gratis, kamu bisa mencarinya di WordPress Directory. Untuk theme kamu bisa kesini dan untuk plugin kamu bisa kesini.

Untuk plugin yang premium, kamu bisa mencarinya di Codecanyon. Dan untuk premium theme, kamu bisa mencarinya di Themeforest.

ganti-admin

4. Jangan menggunakan “admin” sebagai username dan selalu ganti password secara berkala.

Jadi apabila kamu menginstall WordPress kamu pertama kali, cobalah mengganti usernamenya menjadi selain admin. Apabila sudah terlanjur, cobalah kamu merubahnya menjadi yang lain.

Dan untuk password, selalu ganti password kamu secara berkala, dan berusahalah untuk selalu menggunakan password yang cukup sulit ditebak.

memilih hosting

5. Pastikan kamu menggunakan hosting yang tepercaya.

Jangan pernah asal dalam memilih hosting. Pastikan kamu menggunakan hosting yang tepercaya. Mungkin kamu kadang hanya mau mencari hosting yang murah saja, tapi tanpa sadar malah mendapatkan hosting yang buruk/tidak aman. Tapi bukan berarti, hosting murah itu tidaklah aman.

Hosting ini kadang sangat berpengaruh pada keamanan. Karena rata-rata website yang dihack, itu disebabkan keamanan yang buruk di hostingnya itu sendiri.

Kami disini pun pernah mengalami hal tersebut. Dan hal ini terjadi karena hosting yang cukup buruk juga.

Cara memilih hosting yang tepat untuk situs WordPress kamu

Walaupun situs/website kita dipersenjatai berbagai plugin keamanan ataupun cara-cara seperti diatas, namun apabila hosting kita buruk, tetap saja website kita bisa di hack. Terlebih, apabila kita menggunakan paket “shared hosting“.

Jadi shared hosting ini maksudnya 1 server dipakai ramai-ramai. Memang paket ini pasti sanga-sangat murah jadinya, karena ibarat kita menggunakan 1 hosting secara gotong royong. Namun ada kelemahan fatal dipaket shared hosting ini. Jadi, apabila 1 orang/website saja di hack karena keamanan yang buruk, maka hacker/peretas ini dapat saja masuk ke situs-situs lain yang berada di 1 server tersebut.

Alhasil, semua situs yang berada di 1 server itu akan terhack. Maka dari itu, sangatlah diperlukan hosting yang tepercaya untuk menghindari hal-hal ini.

backup

6. Selalu backup website/situs kamu.

Apabila kamu menggunakan hosting yang baik, sudah pasti hosting tersebut akan memberikan servis backup ini. Hal ini sangat diperlukan untuk berjaga-jaga apabila website kamu down/dihack dan masalah-masalah lainnya. Jadi janganlah sungkan atau malas untuk selalu membackup situs kamu. Karena kita tidak pernah tahu kapan website kita akan membutuhkannya. Jadi selalu rutinlah membackup website kamu.

Nah, ternyata gampang kan cara mengamankan situs WordPress kita. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mengamankan situs kita ini. Namun untuk sementara, cukup lakukan hal-hal tersebut dulu saja. Nanti kita akan berikan lagi cara-cara lain untuk mengamankan situs WordPress kamu.

    Tinggalkan Komentar