BerandaTutorialKelebihan dan kekurangan VPN

Kelebihan dan kekurangan VPN

woman using smartphone

Oke kali ini saya akan coba bahas mengenai kelebihan dan kekurangan VPN. VPN atau virtual private network umumnya dikenal sebagai suatu alat untuk membuka blokiran, untuk privasi/kerahasiaan bahkan biasa digunakan untuk keamanan dalam berseluncur di dunia internet.

Namun kadang dibalik fungsinya itu masih ada kelemahan-kelemahan yang mungkin ditimbulkan oleh VPN ini. Namun sebenarnya kita tidak dapat memukul rata kalau semua VPN itu memiliki kelebihan ataupun kelemahan yang sama.

Kelebihan dari VPN

computer coding screengrab
Proteksi data

Proteksi atau keamanan data.

Dengan vpn, otomatis data yang kita kirim atau terima terenkripsi(diacak) oleh VPN ini. Jadi hanya pengirim dan penerima data yang hanya bisa melihat isi dari data tersebut.

Namun perlu diingat, proteksi atau keamanan data ini hanya berlaku pada VPN pribadi/mandiri.Bisa personal yang membuatnya ataupun kantoran atau instansi yang membuatnya.

Untuk VPN yang umum dipasaran(terlebih yang gratis), pastikan provider VPN nya bukan yang abal-abal.

Tidak semua VPN gratisan menerapkan proteksi data ini, namun memang ada beberapa VPN gratisan yang memiliki fitur ini.

Membuka blokiran atau pembatasan di internet

Membuka blokir reddit

Nah ini adalah kelebihan atau fitur yang semua orang cari. Jadi dengan VPN ini, hampir semua website yang diblokir oleh provider atau negara bisa dibuka.

Bahkan beberapa VPN (khususnya yang berbayar) mampu membuka pembatasan wilayah untuk konten internet. Contoh misalnya kamu berlangganan netflix, dengan menggunakan VPN berbayar (contoh NordVPN), kamu bisa membuka library film atau serial yang hanya bisa dibuka di negara lain, misal untuk Amerika atau anime dari Jepang misalnya.

Mengganti IP atau menyamarkan Lokasi kita

Melihat ip kita

Kelebihan ini biasanya berguna bagi kamu yang sangat sensitif dengan privasi kamu. Jadi dengan menggunakan VPN ini, kamu bisa menyamarkan alamat IP kamu ataupun lokasi kamu ketika mengunjungi sebuah situs di internet.

Kelebihan ini mirip sekali seperti membuka pembatasan diinternet diatas. Karena kalau di tracking/deteksi, ketika kita menggunakan VPN, maka alamat ip ataupun lokasi kita akan berubah menjadi alamat ip atau lokasi si VPN yang kita gunakan.

Tapi ingat, tidak semua VPN mempunyai fitur/kelebihan ini. Terlebih VPN gratisan, karena terkadang VPN gratisan ini keamanan datanya tidak terlalu baik. Sehingga nantinya, ip atau lokasi IP kita masih bisa terdeteksi.

Usahakan selalu menggunakan VPN terpercaya kalau kamu memang ingin menggunakan fitur ini.

Menghubungkan jaringan kita dengan jaringan lain yang terutup

Maksud dari kelebihan ini adalah, misal ketika kita menyambungkan komputer kita VPN kantor, maka kita bisa mengakses jaringan yang berada di kantor kita walaupun jaringan kantor tersebut sebenarnya tertutup dari akses luar.

Ini biasanya digunakan oleh kantor-kantor besar yang memang memiliki VPN sendiri.

Mempercepat koneksi internet

Mempercepat torrent

Untuk kelebihan ini, kita harus pahami dulu maksudnya. Banyak sekali orang yang salah kaprah dengan maksud kelebihan VPN ini.

Jadi bukan berarti dengan VPN, speed internet kita akan lebih cepat, namun sebenarnya adalah membuat koneksi internet kita mencapai batas maksimal speed internet kita.

Perlu diingat, kelebihan ini tidak selalu terjadi apabila ISP atau provider internet kamu tidak melakukan throttling atau pembatasan internet.

Contoh kasus misalkan begini, biasanya beberapa ISP itu ada yang speed ke dalam negri itu atau speed lokal (IIX) sangat lah cepat atau maksimal. Misal kamu berlangganan paket 10mb, maka speed kamu memang untuk website lokal speednya akan mencapai 10mb. Namun, begitu kamu mencoba membuka website luar negri atau mungkin streaming ke luar negri misal crunchyroll (untuk menonton anime), maka speed kamu hanya ada dikisaran 1mb.

Nah untuk kasus ini, kalau kamu menggunakan VPN yang berlokasi di indonesia, misal NordVPN berserver indonesia, maka speed internet kamu ke crunchyroll ini akan mencapai 10mb ketika mencoba streaming anime.

Bahkan VPN ini kadang bisa membantu saya pribadi ketika saya mencoba mendownload torrent file. Misal linux(OS) image yang rata-rata berada di server luar negri. Karena kalau tanpa menggunakan VPN, speed saya mungkin ga sampe 1mb, tapi ketika menggunakan VPN ini, speed saya bisa sampai maksimal 10mb(saya berlangganan paket 10mb).

Namun perlu diingat, sangat tidak disarankan untuk menggunakan VPN gratisan untuk hal ini. Karena VPN gratisan sendiri sangatlah lambat dan banyak penggunanya.

Jadi kalaupun kamu menggunakan VPN gratisan ini, bukannya bertambah cepat, malah akan terasa semakin lambat speed internet nya.

Kekurangan dari VPN

Untuk kekurangan, sebenarnya menurut saya ini bisa dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. Karena jujur saja, berdasarkan pengalaman pribadi, kelemahan dari VPN itu tergantung dari VPN yang kita gunakan. Apalagi kalau VPN yang kita pakai gratisan, pasti sangatlah banyak kekurangannya.

Oke kita bahas saja satu-satu ya.

round Timex analog clock at 2:33
Ilustrasi

Memperlambat speed internet

Untuk kelemahan ini, saya pribadi tidak mengalaminya. Biasanya ini terjadi kalau kamu memakai VPN yang gratisan atau abal-abal.

Karena seperti yang sudah saya sampaikan diatas, kalau VPN gratisan itu pemakainya sangatlah banyak. Otomatis, server VPN gratisan ini pun kepenuhan, sehingga speed yang dialami oleh para pemakainya akan menjadi lambat. Karena 1 server di gunakan ramai-ramai.

Hal ini berbeda jika kamu menggunakan VPN yang berbayar. Karena dari segi server pun, mereka rata-rata memiliki banyak server untuk 1 lokasi negara. Jadi biasanya, pengguna mereka tidaklah akan merasa speed yang melambat.

Memang untuk kasus tertentu, speed dari VPN berbayar ini bisa saja melambat. Namun biasanya hal ini bisa diatasi dengan mengganti server atau lokasi VPN ke server atau lokasi lainnya.

Tidak adanya proteksi keamanan

Kelemahan ini juga hanya terjadi pada VPN gratisan. Karena begini, walaupun IP atau lokasi kita ditutupi oleh VPN ini, namun penyedia VPN gratis ini rata-rata menyimpan log/data pengguna mereka. Jadi otomatis tidak ada keamanan untuk VPN gratisan ini.

Ini berbeda dengan beberapa VPN berbayar. Tapi ingat, pastikan VPN berbayar yang kamu gunakan tidaklah menyimpan log/data pengguna. Kalau perlu tanyakan pada support provider VPN ini apakah mereka menyimpan atau tidak data pengguna mereka.

Kecepatan internet yang tidak stabil

Kadang orang merasa kecepatan internet mereka menjadi tidak stabil ketika menggunakan VPN. Namun berdasarkan pengalaman saya sendiri, hal ini cuma terjadi pada VPN gratisan.

Kalau kamu menggunakan VPN sendiri(membuat sendiri) atau mungkin berlangganan VPN berbayar, kecepatan internet kamu tidaklah akan menjadi tidak stabil. Karena server VPN yang kamu gunakan, tidak dipakai bersama-sama oleh orang banyak.

Saya sendiri sering menggunakan VPN ini untuk bermain game. Biasanya untuk mengurangi latency yang saya dapat dari ISP saya ketika menghubungi server game yang saya mainkan.

Jadi justru, kalau menurut saya, VPN ini kadang bisa memberikan kecepatan internet yang stabil.

Memiliki kuota penggunaan

Untuk yang satu ini, sudah jelas, beberapa VPN gratisan memiliki pembatasan atau kuota untuk penggunaan VPN mereka. Bisa dari 1GB-3GB perbulan.

Kalau kamu menggunakan VPN gratisan ini untuk mendownload video atau torrent, saya jamin, dalam waktu sehari, kuota nya akan langsung habis.

Memberikan latensi atau delay pada jaringan internet

Latensi atau delay akan hanya terasa bila kamu menggunakan VPN untuk bermain game online, dan memilih server VPN yang terletak jauh dari posisi kamu berada. Misal kamu di Indonesia dan menggunakan VPN server amerika.

Otomatis akan ada delay atau latensi yang terasa bila kamu mencoba bermain game online. Jika digunakan hanya untuk browsing, ataupun streaming, hal ini tidaklah sangat terasa,mungkin hanya ada delay ketika membuka sebuah halaman.

Karena hanya game online lah yang memerlukan koneksi realtime untuk upload dan downloadnya, berbeda ketika kita sedang browsing ataupun streaming.

Konfigurasi VPN cukup berat dan rumit bagi orang awam

Untuk mengkonfigurasi atau membuat VPN sendiri memang agak sulit bagi orang awam. Belum lagi berdasarkan pengalaman saya, kalau kamu membuat VPN sendiri, misal di digital ocean atau ovh, kamu tetap tidak bisa membuka konten-konten untuk negara lain di netflix ataupun di hulu.

Karena IP kedua provider itu sudah di blacklist oleh netflix dan hulu.

Apabila kamu ga pengen ribet dan memang ingin membuka konten-konten dari negara lain di netflix ataupun hulu, lebih baik kamu mencoba untuk berlangganan saja VPN yang berbayar.

Membuka situs-situs terlarang

Mungkin untuk yang satu ini ada yang bilang ini kelebihan ada juga yang bilang ini kekurangan 😀

Dengan VPN ini memang semua situs bisa kamu buka, bahkan sampai situs terlarang pun bisa kamu buka. Maka dari itu, cobalah bijak ketika kamu menggunakan VPN ini ya.

Kesimpulan

Nah jadi berdasarkan pembahasan diatas, kamu sudah bisa menilai sendiri apa kekurangan dan kelebihan VPN itu. Kalau kamu pengen meminimalisasi kekurangan VPN ini, sangat-sangat saya sarankan untuk mencoba berlangganan VPN berbayar.

VPN yang saya menurut saya cukup aman dan murah untuk digunakan adalah NordVPN.

Kenapa saya bilang aman dan murah? petama dikarenakan adanya 30 days money back guarantee kalau kamu mulai berlangganan VPN ini. Dan untuk harga, dia memiliki paket yang seharga 3 dolaran saja perbulannya.

Untuk alamat server tercepatnya, saya pribadi menggunakan server singapura(kadang indonesia) untuk bermain game. Kalau untuk streaming netflix saya menggunakan server Amerika atau pun Jepang.

Untuk Hulu dan crunchyroll, saya menggunakan server Amerika.

Info tambahan:

Streaming film gratis dan legal!

Streaming musik online GRATIS!

Vpn berbayar Terbaik untuk PC

    Tinggalkan Komentar