BerandaPluginPlugin WordPress terbaik untuk toko online dengan bahasa indonesia

Plugin WordPress terbaik untuk toko online dengan bahasa indonesia

Disini saya akan membahas tentang plugin WordPress terbaik untuk toko online (hanya menurut pribadi). Dan plugin ini juga sudah dilengkapi dengan Bahasa Indonesia. Jadi kamu tidak perlu lagi mengganti plugin-plugin lain untuk menerjemahkannya.

Oke, jadi plugin yang saya bahas ini bernama Woocommerce. Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu dan paham tentang plugin ini, tapi jika kamu belum mengetahuinya, mari simak penjelasannya disini ya.

Apa itu Woocommerce?

woocommerce

Jadi WooCommerce ini adalah sebuah plugin e-commerce open source untuk WordPress. Plugin ini hanya bisa di gunakan di website yang menggunakan WordPress sebagai CMSnya.

Plugin ini juga biasanya dijadikan untuk toko online diluar sana. Jadi otomatis sudah terbukti kualitasnya.

Woocommerce ini di keluarkan pada  27 September 2011. Dan sampai sekarang menjadi salah satu plugin populer & terbesar yang dipakai banyak orang di internet. Woocommerce ini juga sudah dilengkapi beberapa bahasa didalamnya.

Jadi tidak hanya khusus diperuntukkan kepada bahasa inggris saja. Untuk bahasa Indonesia sendiri, terjemahan bahasanya sudah mencapai 75%. Jadi menurut saya sudah cukup pantaslah digunakan di Indonesia.

Apalagi kalau kamu berniat untuk membuat toko online sendiri.

Bagaimana cara menginstall plugin ini di website kamu?


plugin wordpress terbaik untuk toko online

Sama hal nya dengan menginstall plugin-plugin lainnya, kamu tinggal ke dashboard admin kamu aja. Jadi dari menu dashboard->Plugin->Add New terus masukin “Woocommerce” di kolom pencariannya.

Setelah itu pilih “Install” dan tunggu sebentar, lalu “Activate“.


Habis itu, saya saranin kamu buat jalanin Setup Wizard nya. Disini kamu bisa belajar tentang plugin ini satu persatu. Hal ini sangat penting bagi kamu yang baru memulai menggunakan plugin ini. Pelan-pelan saja dipelajarinya ya, biar lebih mengerti dan paham jadinya.

Kalau misalkan kamu ga sengaja menekan tombol “Skip Setup“, kamu bisa menjalankan lagi dari  halaman WooCommerce -> Help -> Setup Wizard.

kelebihan

Kenapa saya memilih Woocommerce ini sebagai plugin WordPress terbaik untuk toko online?

Ada beberapa alasan yang menjadikan saya benar-benar menyukai plugin yang satu ini. Namun perlu dijelaskan lagi, ini menurut saya pribadi ya, belum tentu menurut orang lain sama. Tapi ini adalah hal-hal yang membuat saya yakin bahwa plugin ini adalah yang terbaik bagi kamu yang ingin membuat toko online.

Plugin yang bisa digunakan pada WordPress.

Karena saya sendiri menyukai WordPress, maka otomatis saya juga menyukai plugin Woocommerce ini.  Dan  alasan lain juga karena  WordPress sendiri adalah salah satu CMS terbesar yang dipakai diseluruh dunia. Seperti halnya plugin-plugin lain yang populer, semakin banyak yang pakai, pasti akan semakin banyak fitur & updatenya.

Bisa berjualan apa saja.

Dengan plugin yang satu ini, kamu bisa menjual apa saja. Mulai dari barang fisik, barang digital dan juga berjualan servis/jasa. Jadi kamu bisa berjualan baju, kaos dan barang fisik lainnya dengan menggunakan plugin ini.

Tidak hanya barang fisik, kamu juga bisa berjualan ebook ataupun servis/jasa semacam jasa support, pembuatan website dan masih banyak lagi.

Dan semua ini bisa lakukan di website kamu sendiri selama website kamu  menggunakan WordPress dan menginstall & mengaktifkan Woocommerce ini.

Menyetingnya tidak terlalu susah.

Plugin ini juga cukup mudah di seting kok. Ada berbagai macam dokumentasi dan bahkan video tutorial bagaimana cara menyeting plugin ini.

Diawal penginstallan plugin ini juga ada “setup wizard” nya kok. Jadi maksudnya kamu bakalan dibantu diawal bagaimana menyeting plugin ini dari awal satu persatu sampai benar-benar selesai.

Open source dan gratis!!

Nah sebenarnya yang paling utama menurut saya adalah hal diatas. Gratis! Jadi semuanya gratis. Ga perlu lagi kita bayar-bayar plugin/software lain untuk berjualan. Cukup install plugin ini langsung deh kamu bisa jualan.

Selain itu juga plugin ini open source. Jadi siapa saja bisa membantu untuk meningkatkan funsi maupun fitur di plugin ini. Komunitas untuk plugin ini juga sudah sangat banyak.

Sudah ada terjemahan bahasa Indonesia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, plugin yang satu ini juga sudah mempunyai terjemahan bahasa Indonesia. Jadi kamu ga perlu lagi menggunakan plugin lain untuk menerjemahkannya.

Walau cuma 75%, saya rasa sudah cukup lah. Kalaupun masih dirasa kurang, kamu bisa kok nanti mencoba menerjemahkannya sendiri. Nanti mungkin akan saya buat tutorial dan cara untuk menerjemahkan plugin ini.

Banyak pilihan untuk pembayaran

Jadi plugin ini sudah memiliki banyak pilihan untuk cara pembayaran di toko kamu. Jadi kamu bisa memilih pembayaran yang bakal kamu gunakan di toko online kamu nanatinya.

Misal mau pake paypal, kartu kredit atau bahkan transfer bank. Diplugin ini lengkap sekali pilihannya.

Kalau kamu mau menambahkan fitur ongkos kirim di plugin ini, kamu bisa coba untuk menginstall extensionnya(plugin tambahan). Contoh misah plugin Woongkir ini. Tapi ingat, kamu harus memiliki API key dari RajaOngkir.

Banyak theme yang mendukung plugin ini

Sudah banyak theme-theme baik yang gratis atau premium yang sudah mendukung plugin ini. Jadi kalau kamu tidak tahu atau malas merubah-rubah desain website kamu, kamu tinggal ganti aja theme yang kamu pake.

Sudah sangat banyak theme-theme yang beredar diinternet ini yang mendukung plugin ini. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan theme premium gratisan(bajakan). Baca disini kalau mau tau alasannya.

Ada fitur kupon untuk potongan harga

Kalau kamu pengen buat toko online, kan enaknya ada diskon-diskonan gitu biar laku kan? Nah diplugin ini, ada fitur untuk membuat kupon-kupon buat potongan harga. Jadi kamu bisa promosiin tuh kode kuponnya. Jadi bakal banyak calon-calon pembeli yang tertarik deh jadinya.

Ada fitur harga coret, sale dan kawan-kawannya

Ini juga salah satu cara buat menarik pembeli. Plugin ini juga punya kok fitur ini. Jadi misal harga awal 200ribu trus di coret dijadiin harga 100 ribu.

Nah harga coret sama harga asli itu bisa nanti ditampilin di halaman produk kamu.

Atau juga bisa nanti ditambahin semacam pita/tulisan sale. Jadi pembeli juga semakin tertarik sama produk yang kamu jual.

Ada fitur invoice

Fitur invoice ini maksudnya faktur atau bukti pembelian dan pembayaran. Jadi nanti, kalau pembeli ada yang membeli barang di toko kamu, maka setelah “checkout” atau selesai membayar, maka akan muncul otomatis invoicenya.

Yang nantinya invoice ini dikirim ke pembeli dan juga penjual. Menurut saya hal ini sangat berguna untuk bukti pembelian bagi pembeli dan juga penjual nantinya. Jadi tidak perlu lagi secara manual membuat invoicenya.

Sebenarnya masih banyak sih kelebihan plugin ini. Tapi buat sekarang segitu dulu aja deh. Nanti saya tambahin lagi kalau memang perlu.

kekurangan

Kelemahannya Woocommerce

Walau plugin ini penuh dengan fitur-fitur menarik dan berguna, saya rasa masih ada beberapa kekurangannya. Ini dia kekurangannya menurut saya:

Terjemahannya masih 75%

Yang namanya manusia pasti tidak pernah puas. Jadi wajar, kalau 75% bagi saya belum cukup. Makanya nanti kalau kamu pengen plugin ini jadi 100% terjemahnnya, coba deh bantu untuk nerjemahinnya disini.

Belum ada fitur ongkos kirim Indonesia

Seperti yang tadi saya jelasin diatas, plugin ini belum ada fitur menghitung ongkos kirim. Jadi kalau mau pake fitur ini, mau gak mau harus install extension/plugin tambahannya.

Membutuhkan resource cukup besar

Plugin ini memang membutuhkan resource yang cukup besar.

Ini dia kebutuhan minimal untuk menjalankan plugin ini di website/hosting kamu:

  • Minimal PHP versi 5.6 keatas.
  • Mnimal MySQL versi  5.6 keatas.
  • WooCommerce 2.5 memerlukan WordPress versi 4.1+
  • WooCommerce 2.6 memerlukan WordPress versi 4.4+
  • WP Memory limit of 64 MB atau lebih (minimal  128 MB yang sangat dianjurkan)

Kalau dilihat, memang cukup lumayan juga kebutuhan server hostingnya. Tapi kalau kamu menggunakan hosting yang tepercaya apalagi mendukung WordPress, hal ini bukan masalah sih. Kalau kamu mau mencari hosting baru, kamu bisa membaca cara memilih hosting yang baik disini.

Cukup sulit bagi pemula untuk menggunakan fitur-fitur yang lebih detail

Maksudnya begini, kalau kamu masih sangat-sangat baru mengenal WordPress apalagi Woocommerce ini, pasti diawal-awal kamu akan belum terbiasa/sulit menyetingnya.

Jadi sebenarnya kelemahan ini hanya buat pemula yang butuh cepet-cepet website toko online/buat jualan.

Tapi tenang, itu kan kalau kamu mau menggunakan fitur-fitur yang lebih detail. Misal membuat produk dengan 2/3 foto bahkan lebih. Nah, kalau yang begini memang butuh banyak belajar. Tapi kalau kamu cuma pengen jualan barang sedikit dan ga ribet-ribet amat barangnya, itu mah gampang banget.

Jadi kalau kamu mau mempelajari dan juga membaca tutorial-tutorial tentang plugin ini, dijamin bakalan jadi gampang kok.

Kesimpulan

Oke, jadi bisa diliat ya kelebihan dan kekurangan plugin ini. Sekali lagi, buat saya sih plugin ini sudah mantab bener. Kekurangannya juga ga ngaruh-ngaruh amat kok. Kalau hostingnya mantab + mau dipelajari mendalam, dijamin plugin ini bakalan jadi plugin toko online terbaik juga buat kamu.

Gimana pendapat kamu tentang plugin yang satu ini? Apakah plugin ini termasuk plugin WordPress terbaik untuk toko online? Atau kamu punya pendapat lain mengenai plugin ini?

    Tinggalkan Komentar